Orang Kaya di Aceh Terancam Dipidana

BANDA ACEH – Sekitar ratusan orang kaya di Aceh terancam dipidana Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Aceh, akibat menuggak pajak dan tidak mengisi Surat Pemberitahuan (SPT) pajak. Negara pun dirugikan sekitar Rp 20 miliar.  

Kakanwil DJP Aceh, Drs Drs Muhammad Haniv Ak MST, Selasa (8/2) di ruang kerjanya di Gedung Keuangan di Banda Aceh secara tegas mengatakan, sebelum tindakan hukum dilakukan kepada ratusan orang kaya di Aceh yang sudah didata Kanwil DJP Aceh melakukan penyimpangan dari kewajibannya membayar pajak.

“Tahun ini kita akan fokus kepada wajib pajak terutama kepada orang kaya di Aceh untuk menerapkan sistem penegakan hukum (law enforcement), sehingga aturan bisa ditegakkan. Mungkin kalau masa silam masih bisa dimengerti jika orang-orang tidak mau bayar pajak atau bahkan tidak peduli akan pajak, tapi saat ini situasi Aceh sudah jauh lebih baik, sehingga sudah saatnya pula aturan-aturan ditegakkan,” jelas Haniv kepada Serambi.

Namun sebelum penegakkan hukum itu dilakukan Kanwil DJP Aceh akan terlebih dulu melakukan sosialisasi, untuk menyadarkan para wajib pajak khususnya bagi orang-orang kaya di Aceh untuk taat membayar pajak dan mengisi SPT pajak.

“Dalam waktu dekat kita akan panggil seratus orang kaya di Aceh untuk mengikuti sosialisasi tersebut. Kita sedang mengurus hal itu dengan pusat. Nah, jika sosialisasi sudah kita lakukan, kemudian masih juga membandel maka langkah selanjutnya mempidanakan mereka,” kata Haniv.

Haniv menyebutkan, dua tahun terakhir, penerimaan pajak dari wajib pajak termasuk orang kaya di Aceh menurun. Akibat merosotnya penerimaan pajak itu, Aceh menduduki peringkat 31 nasional dalam penerimaan pajak. “Tahun 2010 rencana penerimaan pajak aceh sebesar Rp 3,477 triliun, namun pencapaian hanya Rp 3,124 triliun,” kata Haniv.

Haniv menyebutkan, seharusnya Indonesia sebagai negara berkembang setoran pajak dari orang pribadi jauh lebih besar, namun kenyataannya tidak demikian. “Itulah yang ingin kita lakukan sekarang ini, jika sosialisasi juga tak mempan, maka langkah terakhir menimbulkan efek jera seperti kita lakukan sekarang ini pada bendaharawan Muslim,” kata Haniv lagi. (c47)

One thought on “Orang Kaya di Aceh Terancam Dipidana

  1. Klo orng kya aceh blom byar pjak pa mmang gk d tgih,mngkin lpa ato mmang sngja gak byar,ato tunggu pailit,klo pjak sbuah kwjban tak prlu mnunda slgi ada kmampuan byar,kpan lgi kta bngun negeri ini klo tdak dri skrang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s