Penduduk Miskin Di Kota Banda Aceh Capai 7.853 KK

Penghasilan Rp 450 Ribu/Bulan

BANDA ACEH – Dari jumlah 224.209 Kepala Keluarga (KK) masyarakat yang berdomisili di Kota Banda Aceh, sebanyak 7.853 KK di antaranya merupakan masyarakat yang hidup di bawah garis kemiskinan. Data tersebut diketahui berdasarkan hasil sensus penduduk yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Banda Aceh tahun 2010.

Kepala BPS Kota Banda Aceh, M Marwan menyebutkan, jumlah 7.853 KK penduduk tersebut dibagi lagi dalam dua bagian, yaitu fakir sebanyak 4.222 KK dan miskin 3.631 KK. Para penduduk tersebut, kata Marwan, berpenghasilan antara Rp 450 ribu hingga Rp 900 ribu per bulan. “Masuk dalam kategori fakir jika penghasilan yang diperoleh setiap bulan, tidak lebih dari Rp 450 ribu. Sedangkan kategori miskin berpenghasilan di atas Rp 450 hingga Rp 900 ribu,” kata Marwan kepada Serambi, Sabtu (18/9) kemarin.

Penghasilan per bulan, sebut Marwan, merupakan salah satu indikator untuk menilai dan menetapkan kategori masyarakat miskin dan fakir. Di samping ada 14 indikator lainnya. Namun, untuk masalah ini, Marwan mengatakan, Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) yang lebih memahaminya secara mendetil.

Sementara itu, Kadinsosnaker Kota Banda Aceh, Purnama Karya, yang ditemui secara terpisah mengatakan, meski angka kemiskinan tahun 2010 mencapai 7.853 KK, namun menurutnya angka itu menurun sedikit dari jumlah penduduk miskin pada tahun 2009. Namun, Purnama tidak menyebut secara rinci berapa jumlah penurunannya.

Terkait indikator untuk menetapkan kategori miskin dan fakir, Purnama menjelaskan, di antaranya mereka yang tidak punya pekerjaan tetap, berpendidikan rendah, dan penghasilan rata-rata per bulan antara Rp 450 ribu hingga Rp 900 ribu. Indikator lainnya, kata Purnama, mereka hanya mampu berobat di tingkat Puskesmas.

Menurut Purnama, sebagai upaya memperkecil angka kemiskinan dari tahun ke tahun, Pemko Banda Aceh terus melakukan berbagai upaya seperti pemberian modal usaha dan pelatihan kepada masyarakat. “Kita terus membekali pelatihan skill sesuai dengan kebutuhan pasar. Selain Dinsosnaker, pelatihan juga sering dilakukan Badan Pemberdayaan Masyarakat, Badan Pemberdayaan Perempuan, Baitul Mal, dan instansi lainnya,” pungkasnya.(mir)

2 thoughts on “Penduduk Miskin Di Kota Banda Aceh Capai 7.853 KK

  1. Tahukah kamu siapa itu pendusta agama? itulah orang-orang yang menghardik anak yatim dan tidak memperhatikan orang-orang miskin. karena itu, wahai pemimpin engkau berkewajiban untuk mensejahterakan rakyatmu. maju terus Banda Aceh sampai semua orang menjadi makmur.

    • Surah (4) An-Nisaa ayat: 36

      36. Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapa, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh [294], dan teman sejawat, ibnu sabil [295] dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri,

      [294] Dekat dan jauh di sini ada yang mengartikan dengan tempat, hubungan kekeluargaan, dan ada pula antara yang muslim dan yang bukan muslim. [295] Ibnus sabil ialah orang yang dalam perjalanan yang bukan ma’shiat yang kehabisan bekal. Termasuk juga anak yang tidak diketahui ibu bapaknya.

      Surah (4) An-Nisaa ayat: 135

      135. Wahai orang-orang yang beriman, jadilah kamu orang yang benar-benar penegak keadilan, menjadi saksi karena Allah biarpun terhadap dirimu sendiri atau ibu bapa dan kaum kerabatmu. Jika ia [361] kaya ataupun miskin, maka Allah lebih tahu kemaslahatannya. Maka janganlah kamu mengikuti hawa nafsu karena ingin menyimpang dari kebenaran. Dan jika kamu memutar balikkan (kata-kata) atau enggan menjadi saksi, maka sesungguhnya Allah adalah Maha Mengetahui segala apa yang kamu kerjakan.

      [361] Maksudnya : orang yang tergugat atau yang terdakwa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s