KPPU siap tindak lanjuti kasus tender lokomotif ke KPK

Jakarta – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) siap memberikan tindak lanjut kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), mengenai kasus praktik diskriminasi PT Kereta Api (Persero) dalam tender pengadaan 20 unit lokomotif di tahun 2009.

Seusai lebaran, putusan yang menyatakan ada persekongkolan antara PT KA dengan General Electric Transportation bakal dianalisis kembali terkait rencana tindak lanjut ke KPK itu. “Kalau nanti ada nuansa kerugian negara kita bakal serahkan ke KPK untuk ditindaklanjuti,” kata Kepala Biro Humas dan Advokasi KPPU, Zaki Zein Badroen, saat berbincang dengan primaironline.com, Jakarta, Jumat (10/9).

Menindaklanjuti putusan KPPU ke KPK, katanya, pernah dilakukan KPPU dalam kasus pengadaan tinta di Komisi Pemlihan Umum. “KPPU yang menjatuhkan sanksi terkait dengan persaingan usahanya, sedangkan KPK yang menindaklanjuti kasus korupsinya,” kata dia.

Lebih lanjut, Zaki menjelaskan KPPU menilai, dalam kasus tender lokomotif ini, mungkin bisa berdampak pada kerugian negara. “Yang mungkin dilakukan aparatur pemerintah dan swasta,” katanya.

Sebagi informasi, dalam putusan itu juga dijelaskan justifikasi PT KA yang menyebut penunjukan GE Transportation dilakukan lantaran sudah masuk dalam rekanan terseleksi dan produknya teruji.

Dalam putusan perkara Nomor 05/KPPU-L/2010 ini juga dinyatakan bahwa SK Dirreksi PT KA Nomor Kep.U/PL.102/1V/26/KA-2009 tentang petunjuk pelaksanaan tender tidak boleh mengarah pada produk atau suatu merek tertentu. Namun, PTKA justru membuat justifikasi yang tegas dengan menyebut microprocessor GE Brightster berfungsi meningkatkan keandalan merupakan produk GE Transportation.

Perbuatan persekongkolan serta diskriminatif ini melanggar Pasal 22 dan Pasal 19 UU Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat. Oleh sebab itu, KPPU ,menghukum GE Transportation sebesar Rp1,5 miliar dan PT KA sebesar Rp2 miliar.

Sumber: Primair Online.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s