Mayoritas Kasus Korupsi di Indonesia Menyangkut Pengadaan Barang dan Jasa

MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi M Jasin mengungkapkan, secara nasional sekitar 55 persen kasus korupsi terjadi pada proses pengadaan barang dan jasa.

Wakil Ketua KPK M Jasin di Makassar, Selasa, mengemukakan, kasus korupsi proses pengadaan barang dan jasa pada 2006 bahkan hampir mencapai 80 persen. Kemudian pada 2007 menjadi 60 persen dan terus mengalami penurunan menjadi sekitar 50 persen pada 2008.

Meski grafiknya terus mengalami penurunan dari tahun ke tahun, namun pengadaan barang dan jasa masih mendominasi temuan kasus. Sisanya mulai beralih ke penyimpangan anggaran, gratifikasi dan bantuan sosial.

Pihaknya bekerjasama dengan Canadian International Development Agency dan Cowater International Inc serta LKPP akan melaksanakan kegiatan “The Support to Indonesia’s Island of Integrity Program for Sulawesi (SIPS) selama lima tahun ke depan. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mendorong percepatan upaya pencegahan korupsi di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Utara.

Diharapkan kegiatan ini akan mendorong praktik tata kelola pemerintahan yang baik dalam berbagai pelayanan publik. Sulsel dan Sulut menjadi pilihan lokasi dalam pelaksanaan program ini karena menurut survei integritas KPK pada 2009 di 98 instansi tingkat pusat dan daerah, skor integritas Sulsel menduduki urutan terendah disusul Sulut.

Pelaksanaan program akan fokus pada tiga kegiatan, yaitu pelayanan perijinan dan non perizinan terpadu, pengadaan barang dan jasa dan manajemen pemerintah daerah berbasis kinerja atau insentif kinerja.

Program diawali dengan loka karya bertema implementasi tata kelola pemerintahan yang baik di Makassar 24 Agustus 2010 dan Manado 26 Agustus 2010. Lokakarya diikuti oleh seluruh kepala daerah tingkat kabupaten dan kota di kedua provinsi.

Sumber: LKPP

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s