Dewan Didesak Usut Dugaan Mark up Terminal Mobar

Unjuk Rasa KAMMI Banda Aceh

BANDA ACEH – Massa dari Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Banda Aceh, Kamis (19/8) sore, menggelar unjuk rasa di Gedung DPRK Banda Aceh. Mereka mendesak DPRK setempat membentuk panitia khusus (Pansus) dan mengusut dugaan markup pada proses pembebasan lahan untuk pembangunan terminal mobil barang (mobar) di Desa Santan, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar.

Massa yang berjumlah sekitar 20-an itu tiba di depan Gedung DPRK Banda Aceh sekitar pukul 15.00 WIB. Mereka yang mengusung sejumlah spanduk mendapat pengawalan aparat kepolisian selama aksinya. Massa disambut Ketua DPRK Yudi Kurnia SE dan sejumlah anggota dewan lainnya.

Dalam orasinya, pendemo menuding terjadi kolusi antara Pemko Banda Aceh dan Pemkab Aceh Besar dalam proses pembebasan lahan tersebut. Demonstran menilai harga ganti rugi tanah tidak sesuai dengan standar Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) yang dikeluarkan Departemen Keuangan RI Direktorat Jenderal Pajak Kantor Wilayah NAD.

Harga tanah yang dibayar oleh BRR NAD-Nias pada saat itu, yaitu tahun 2007, terlalu tinggi. Bahkan keberadaan terminal mobil barang itu dinilai belum disesuaikan dengan rancangan Qanun Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) Kabupaten Aceh Besar.

“Pemkab Aceh Besar dan Pemko Banda Aceh menetapkan harga pembebasan yakni Rp 700 ribu permeter. Padahal proyek lain di desa yang sama hanya dibayar Rp 142.500 permeter,” Ketua KAMMI Banda Aceh, Putra Rizki Pratama membacakan pernyataan sikap di hadapan ketua dan sejumah anggota DPRK Banda Aceh.

Merespons permintaan mahasiswa tersebut, Ketua DPRK Kota Banda Aceh, Yudi Kurnia, berjanji pihaknya akan membentuk Pansus jika memang ada indikasi dan bukti-bukti kuat terhadap dugaan markup harga ganti rugi tanah terminal mobar itu. Pihaknya juga akan memanggil pihak-pihak terkait untuk mendapatkan informasi dan keterangan dalam masalah tersebut.(mir)

Sumber: Serambinews.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s