Mereka Gak Bisa Kerja…

Hasil Evaluasi Gubernur Aceh: 397 Proyek belum Jalan, 17 SKPA Dievaluasi Khusus

Gubernur Aceh Irwandi Yusuf bersama Sekda dan Asisten III Setda Aceh serta Tim Pelaksana Percepatan APBA 2010 Setda Aceh, Selasa (20/7) kemarin mengevaluasi kinerja 53 Satuan Kerja Pemerintah Aceh (SKPA) yang melaksanakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA) Tahun 2010. Ada 17 SKPA harus dievaluasi secara khusus, salah satunya adalah Dinas Bina Marga dan Cipta Karya (BMCK).

Hasil kunjungan lapangan yang dilakukan Tim Percepatan Pelaksanaan APBA 2010 Setda Aceh yang dipimpin dr Taqwallah MKes, daya serap keuangan APBA 2010 sampai saat ini baru sekitar 25 persen dan fisik 32 persen. Artinya, masih terjadi minus atau deviasi dari target, untuk realisasi keuangan 15,7 persen dan fisik 4,83 persen.

Kondisi ini, kata Gubernur Irwandi, tak bisa dibiarkan, melainkan harus segera dicarikan solusi yang tepat agar pekerjaan fisik proyek yang realisasinya masih rendah perlu ditingkatkan lagi. Begitu juga terhadap proyek yang belum berjalan sampai kini yang mencapai 397 paket proyek, harus dicari penyebab sekaligus solusinya, agar pada evaluasi bulan depan proyek itu sudah benar-benar berjalan dan daya serap keuangan maupun fisik proyek APBA-nya menjadi lebih bagus lagi, sesuai dengan target progres daya serap yang telah dibuat.

Pak Gubernur, salah satu penyebabnya menurut pantauan kami (LP3SI) adalah karena mereka tidak paham manajemen tender. Proses tender yg mereka lakukan terlalu lama dan persyaratannya terlalu dipersulit. Banyak syarat-syarat tambahan yg seharusnya tdk perlu selalu mereka tambahkan. Hasilnya proses tender menjadi  tdk  efektif dan tdk efisien baik dari segi  waktu,  anggaran serta mamfaat.

Kalau Pak Gubernur tidak percaya, saya siap mempresentasikan hal tsb lengkap dengan bukti-buktinya. Supaya keterlambatan seperti ini tidak terjadi lagi, maka Langkah pertama yg harus dilakukan adalah mengganti semua Kepala SKPA yg tidak paham manajemen tender tsb.

Sumber: serambinews.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s