Daya Serap APBA Rendah, Cermin Buruknya Pelayanan Publik

Hingga 4 Juli 2010, Daya serap dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh Tahun 2010 hingga 4 Juli 2010 baru 20 persen atau hanya Rp 1,5 triliun dari pagu belanja yang disahkan DPRA sebesar Rp 7,638 triliun. Realisasi ini sangat rendah mengingat tahun anggaran sudah berjalan tujuh bulan. Seharusnya, daya serap anggaran untuk awal Juli ini minimal sudah mencapai 50 persen.

Berdasarkan info dari DPKKA, Satuan Kerja Pemerintah Aceh (SKPA) atau dinas yang daya serap keuangannya tergolong besar adalah yang fungsinya justru kurang memberikan dampak langsung kepada rakyat, misalnya Dinas Kepegawaian, Pendidikan, dan Penelitian (DKPP) Aceh, yakni telah mencapai 44 persen. Sedangkan SKPA yang berhubungan langsung dengan rakyat seperti Dinas Kesehatan, justru baru 6,11 persen.

Selain itu, Dinas Bina Marga dan Cipta Karya yang dipimpin oleh Dr Muhyan Yunan juga baru terserap 12 persen, Dinas Pertanian 12 persen, Dinas Pendidikan  malah lebih rendah lagi, yakni baru sebesar 4,22 persen. Begitu juga Dinas Kehutanan dan Perkebunan serta sejumlah SKPA lainnya.

Menurut Wakil Ketua DPRA, Drs. Sulaiman Abda untuk menilai baik tidaknya kinerja eksekutif, sebetulnya bisa dilihat dari berbagai sudut pandang (perspektif), antara lain daya serap anggaran setiap bulan atau triwulannya. Apakah sudah teratur dan sesuai dengan target progress proyek fisik maupun nonfisik yang dikerjakan di lapangan.

Rendahnya daya serap ini akan menyebabkan terganggunya pelayanan publik dan sangat merugikan masyarakat karena tidak mendapatkan hasil pembangunan yg sudah sehurusnya mereka dapatkan. Untuk itu, Gubernur Irwandi Yusuf perlu segera mengevaluasi kinerja seluruh SKPA.

Sumber: serambinews.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s