Pengumuman Lelang Pengadaan, LKPP Tetapkan Koran Tempo

Jakarta, 30 Juni 2010. Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) akhirnya menetapkan Koran Tempo sebagai surat kabar nasional tempat pengumuman pengadaan barang/jasa pemerintah. Tempo berhasil mengungguli penawaran yang diajukan Koran Media Indonesia dan Koran Seputar Indonesia.

“Kami sangat bersyukur bisa bekerjasama dengan Koran Tempo dalam menayangkan pengumuman lelang pengadaan barang/jasa yang dilakukan instansi pemerintah,” ujar Plt Kepala/Sestama LKPP Agus Rahardjo dalam penandatanganan Surat Perjanjian Penayangan Pengumuman Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah antara LKPP-PT Tempo Inti Media Harian di Kantor LKPP, 30 Juni 2010.

Agus mengatakan, pihaknya menyambut positif terpilihnya Koran Tempo sebagai tempat pengumuman pengadaan barang/jasa pemerintah. Selain memiliki wilayah distribusi dan segmentasi yang luas, Koran Tempo juga memiliki semangat mendorong efisiensi keuangan negara seperti LKPP.

Meski demikian, sebut Agus, penetapan Koran Tempo sebagai tempat pengumuman pengadaan barang/jasa pemerintah telah melalui proses lelang yang bersih dan kredibel. Sebab, penetapannya juga sudah melalui proses verifikasi yang utuh.

“Mudah-mudahan kerjasama ini bisa terus memperkuat upaya kita dalam meningkatkan kualitas pengadaan yang ideal bagi negara ini,” sebutnya.

Di tempat yang sama, Direktur PT Tempo Inti Media Harapan Toriq Hadad mengatakan, kerjasama ini dilakukan pihaknya sebagai bagian dari upaya Tempo untuk ikut mendorong pelayanan instansi pemerintah kepada publik. “Ini memang salahsatu kebijakan yang diambil oleh Tempo selama ini. Ini terbukti, kami sudah mengikuti lelang ini selama 4 kali (meski baru menang kali ini),” ujar Toriq.

Toriq juga mengapresiasi lelang penawaran yang dilakukan LKPP secara terbuka dan transparan. “Di dalam proses verifikasi, kami mendapatkan kesan dan bukti bahwa tidak ada hal yang aneh-aneh. Jadi ini merupakan satu kebanggaan untuk bekerjasama dengan instansi yang bersih,” tambahnya.

Lebih jauh, Toriq mengungkapkan, pihaknya telah menyiapkan berbagai infrastruktur pendukung dalam penayangan pengumuman pengadaan barang/jasa pemerintah. Selain itu, sebutnya, pihaknya juga berkomitmen mendistribusikan koran yang memuat pengumuman lelang ke seluruh wilayah Indonesia agar pengumuman lelang bisa diketahui publik secara luas.

Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen I LKPP Emin Adhy Muhaemin mengatakan, penunjukan Koran Tempo sebagai pemenang koran pengumuman lelang pengadaan sudah didasarkan pada aturan lelang yang berlaku. “Dan dari semua peserta, Koran Tempo yang menjadi pemenangnya,” sebutnya.

Sebagai pemenang, Emin mengatakan, Koran Tempo akan menayangkan pengumuman pengadaan barang/jasa seluruh institusi pemerintah (pusat-daerah) mulai dari 10 Juli 2010 – 09 Juli 2011.

Terkait itu, terdapat beberapa butir kewajiban Koran Tempo dalam pelaksanaan pengumuman pengadaan barang/jasa pemerintah tersebut. Diantaranya, Koran Tempo wajib mengumumkan sekurang-kurangnya lima kali penayangan dengan biaya dari Tempo tentang penetapan hasil pemilihan surat kabar ini.

Selain itu, lanjutnya, Koran Tempo juga wajib memuat pengumuman pengadaan barang/jasa dengan ukuran font 8, spasi 1, dengan ukuran kolom iklan 4 cm. Tempo juga wajib mendistribusikan surat kabarnya ke seluruh ibukota provinsi minimal 100 ekspemplar setiap hari dan menyebarkan surat kabarnya sekurang-kurangnya 10 eksemplar bagi setengah dari 471 ibukota kabupaten/kota (236 kabupaten/kota) dengan memperhatikan pemerataan persebarannya.

Waktu pendistribusiannya juga disepakati selama satu hari sejak terbit di tingkat ibukota provinsi dan paling lambat 2 hari sejak terbit untuk pengiriman ke ibukota kabupaten/kota. Koran Tempo juga wajib memuat pengumuman lelang yang dipesan panitia pengadaan di halaman yang menjadi bagian tidak terpisahkan dari koran, bukan suplemen.

Kewajiban lainnya adalah memuat pengumuman di surat kabar pada website www.tempointeraktif.com di hari yang sama. Data ini juga harus bisa diakses hingga akhir waktu di seluruh tahun perjanjian.

“Tempo juga wajib menayangkan rubrik tanya jawab pengadaan yang isinya disusun oleh LKPP untuk ditayangkan pada hari Senin, Rabu, dan Jum’at. Berikutnya, Tempo juga wajib melaporkan pelaksanaan pekerjaan secara periodik dalam tiga bulan kepada LKPP tentang layanan pengumuman pengadaan ini,” paparnya. @humas

Dikutip dari LKPP

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s