Penerapan UU Pelayanan Publik

Rabu,28 April 2010

Formas: Cantumkan maklumat!

Sragen (Espos)
Forum Masyarakat Sragen (Formas) mendesak kepada pemerintah kelurahan dan kecamatan di Bumi Sukowati agar mencantumkan maklumat pelayanan publik sebagaimana amanat dari UU 25/2009 tentang Pelayanan Publik. Pejabat yang tak menaati aturan itu diancam sanksi pemecatan.

Ketua Formas, Andang Basuki saat ditemui Espos, Kamis (4/3), di Sekretariat Formas, mengungkapkan, sebagai bentuk transparansi pelayanan publik mestinya pencantuman maklumat pelayanan publik tidak hanya di Badan Perizinan Terpadu (BPT), sebagai satuan kerja perangkat daerah (SKPD) percontohan, melainkan juga di wilayah desa/kelurahan dan kecamatan. Institusi pemerintahan di tingkat desa dan kecamatan, kata dia, merupakan institusi yang langsung bersentuhan dengan masyarakat.

”Jika tidak ada ketentuan maklumat pelayanan publik, maka masyarakat tidak mengetahui berapa lama pelayanan itu bisa diterima dan biaya administrasinya berapa juga tidak diketahui. Seperti pembuatan sertifikat tanah yang masuk pada program Prona di Tangen, juga sampai sekarang ada yang belum selesai, karena pihak kelurahan tidak bisa memberikan penjelasan tentang lama waktu dan biaya yang dibutuhkan untuk sertifikasi tanah itu,” tegasnya.

Andang menerangkan, berdasarkan UU 25/2009 pejabat yang tidak memenuhi ketentuan dalam aturan yang ada, maka diancam dengan sanksi pemecatan. Dia menambahkan, sejauh ini Formas melihat belum menemukan transparansi pelayanan di sejumlah desa dan kecamatan di Sragen. Proses pemberian sanksi itu, lanjut dia, dilakukan dengan pengaduan ke Komisi Ombudsman. ”Biasanya setiap pengaduan yang masuk ditindaklanjuti dengan melakukan mediasi terhadap persoalan yang ada. Jika memang terbukti ada pelanggaran UU, maka sanksi itu bakal diterapkan.” – trh

Sumber: Ombudsman RI

One thought on “Penerapan UU Pelayanan Publik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s