Program Kesehatan Spektakuler Pemerintah Aceh

Tim medis Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh memindahkan pelayanan dari gedung lama ke gedung baru RSUZA. (serambinews.com)

Tadi malam saya ke Rumah Sakit Zainoel Abdidin (RSUZA) Banda Aceh karena ada seorang teman yang mengalami kecelakaan lalu lintas. Dari situ saya mengetahui bahwa Pemerintah Aceh sudah merealisasikan program Jaminan Kesehatan Aceh (JKA) kepada masyarakat.  Program jaminan kesehatan ini telah efektif diberlakukan sejak hari Selasa (1/6//2010).

Program JKA berlaku untuk seluruh warga yang tercatat sebagai penduduk provinsi Aceh. Untuk mendapatkan fasilitas JKA tsb pasien hanya perlu memperlihatkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) / Kartu Keluarga saat hendak berobat di puskesmas, rumah sakit di Aceh maupun luar Aceh.

Program  JKA ini tidak memandang status sosial atau profesi, juga tidak membatasi keluarga PNS, swasta, TNI dan Polri yang tidak tertanggung oleh asuransi lain, serta tidak membatasi jenis penyakit yang diderita oleh penduduk Aceh.

Terkait dengan program Jaminan Kesehatan Aceh (JKA), akan direalisasikan juga pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan menerapkan pola dokter keluarga. Masing-masing kecamatan akan ditempatkan dua dokter keluarga, yang siap melayani masyarakat sesuai wilayah tugasnya tanpa dipungut biaya.

Program spektakuler ini patut diapresiasikan oleh seluruh masyarakat Aceh, dengan harapan program ini bisa berjalan dengan baik sesuai dengan asas-asas umum pemerintah yang baik seperti yang telah digariskan oleh Qanun No 8 Tahun 2008 tentang Pelayanan Publik dan Undang-Undang No 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

6 thoughts on “Program Kesehatan Spektakuler Pemerintah Aceh

    • Masih…
      Tapi saya belum tau apakah pelaksanaannya sudah sesuai dgn standar pelayanan yg telah ditetapkan,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s