Surat Permohonan Perpanjangan Waktu Pendaftaran Pengadaan Barang dan Jasa Satuan Kerja Di Lingkungan Pemerintah Aceh Sumber Dana APBA Tahun Anggaran 2010, dengan Pengumuman Lelang Nomor: 03/PAN.U-APBA/2010

Aceh Besar, 22 April 2010

No                   : 014/LP3SI/IV/2010

Lampiran          : –

Kepada Yth,

Bapak Gubernur Aceh

di Tempat

Perihal              :   Permohonan Perpanjangan Waktu Pendaftaran Pengadaan Barang dan Jasa Satuan Kerja Di Lingkungan Pemerintah Aceh Sumber Dana APBA Tahun Anggaran 2010, dengan Pengumuman Lelang Nomor: 03/PAN.U-APBA/2010

Dengan hormat,

Sesuai dengan pasal 3, 4, 5 dan 18 UU RI nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, kami dari Lembaga Pengawasan Pelayanan Publik Seluruh Indonesia (LP3SI), mohon pengumumam lelang yang ditayangkan di Harian Serambi Indonesia pada tanggal 13 April 2010, yang menyatakan bahwa waktu pendaftarannya dimulai tanggal 14 April 2010 sampai 23 April 2010 diperpanjang. Alokasi waktu pendaftaran yang dicantumkan tsb, bertentangan dengan Perpres No 8 Tahun 2006 TENTANG PERUBAHAN KEEMPAT ATAS KEPUTUSAN PRESIDEN NOMOR 80 TAHUN 2003 TENTANG PEDOMAN PELAKSANAAN PENGADAAN BARANG/JASA PEMERINTAH.

Dalam Perpres No 8 Tahun 2006, dinyatakan:

13. Lampiran I Bab I Bagian D angka 1 huruf b diubah, sehingga Lampiran I Bab I Bagian D angka 1 huruf b seluruhnya berbunyi sebagai berikut:

“b). Pelelangan umum dengan pascakualifikasi:

1) Ketentuan alokasi waktu dalam penyusunan jadual adalah sebagai berikut:

a). Penayangan pengumuman lelang sekurang-kurangnya dilaksanakan selama 7 (tujuh) hari kerja di website pengadaan nasional. Penayangan pengumuman lelang yang dilaksanakan melalui surat kabar nasional/provinsi minimal dilakukan 1 (satu) kali tayang pada awal masa pengumuman.

b). Pendaftaran dan pengambilan dokumen penawaran dilakukan 1 (satu) hari setelah pengumuman sampai dengan satu hari sebelum batas akhir pemasukan dokumen penawaran.

c). Penjelasan (aanwijzing) dilaksanakan paling cepat 4 (empat) hari kerja sejak  tanggal pengumuman;

d). Pemasukan dokumen penawaran dimulai satu hari setelah penjelasan (aanwijzing). Batas akhir pemasukan dokumen penawaran sekurang kurangnya 2 (dua) hari kerja setelah penjelasan. Penetapan waktu pemasukan dokumen penawaran harus memperhitungkan waktu yang diperlukan untuk mempersiapkan dokumen penawaran sesuai dengan jenis, kompleksitas, dan lokasi pekerjaan. Contoh: waktu pemasukan dokumen penawaran untuk pengadaan ATK cukup 2 (dua) hari kerja, waktu pemasukan dokumen penawaran untuk pengadaan untuk peningkatan jalan kabupaten/kota 14 (empat belas) hari kerja, waktu pemasukan dokumen penawaran untuk pengadaan pekerjaan kompleks dapat lebih dari 30 (tiga puluh) hari kerja.

e). Evaluasi penawaran dapat dilakukan dalam waktu 1 (satu) hari atau sesuai dengan waktu yang diperlukan. Contoh: evaluasi penawaran pengadaan sederhana, misal ATK dapat diselesaikan dalam waktu 1 (satu) hari, waktu evaluasi penawaran pekerjaan peningkatan jalan provinsi diperlukan selama kurang lebih 5 (lima) hari, waktu evaluasi penawaran pekerjaan pembangunan bendungan serbaguna (multi purpose dam) diperlukan selama dapat lebih 15 (lima belas) hari.

2). Pengalokasian waktu di luar proses butir a) sampai dengan butir d) di atas, diserahkan sepenuhnya kepada Pejabat Pembuat Komitmen, kecuali ditentukan lain dalam Peraturan Presiden ini. waktu pendaftaran dan pengambilan dokumen lelangnya diperpanjang sampai dengan 1 (satu) hari sebelum pemasukan penawaran.

Oleh sebab itu kami harap kepada Bapak Gubernur selaku Pembina, segera menindaklanjuti hal tsb. Apabila hal ini dibiarkan, maka sangat mungkin terjadi:

  1. penyalahgunaan wewenang dan/atau kolusi dengan tujuan untuk keuntungan pribadi, golongan atau pihak lain yang secara langsung atau tidak langsung merugikan negara
  2. terjadinya pemborosan dan kebocoran keuangan negara dalam pengadaan barang/jasa, karena penyedia jasa akan saling mempengaruhi baik langsung maupun tidak langsung, dengan tujuan untuk mengatur pemenang lelang. Hal ini sangat dimumungkinkan karena jumlah peserta yang telah terdaftar tidak mingkin bertambah lagi, sementara waktu pemasukannya masih lama.

Demikian surat ini kami sampaikan, semoga mendapat tanggapan dan respon yang positif dari Bapak, demi terwujudnya Azas-azas Umum Penyelenggara Negara yang baik.

Lembaga Pengawasan Pelayanan Publik

Tembusan:

  • Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah
  • Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan Perwakilan Nanggroe Aceh Darussalam

Not:

10 thoughts on “Surat Permohonan Perpanjangan Waktu Pendaftaran Pengadaan Barang dan Jasa Satuan Kerja Di Lingkungan Pemerintah Aceh Sumber Dana APBA Tahun Anggaran 2010, dengan Pengumuman Lelang Nomor: 03/PAN.U-APBA/2010

    • Terima kasih dukungannya…
      Surat ini dah masuk ke katr gubernur dg no agenda 15536, semoga tanggapannya sesuai dengan harapan dan aturan pengadaan…

    • LP3SI adalah wadah tempat bernaungnya orang-orang yang dirugikan oleh penyelenggaraan pelayanan publik yg tdk sesuai dg standar pelayanan dan aturan yg berlaku, termasuk didalamnya pelayanan publik yang berhubungan dengan sektor pengadaan barang/jasa pemerintah.

      Nyan keu yg jet ke urusan lon, mohon mengerti…

  1. Sebenarnya surat ini salah ditujukan. Seharusnya ditujukan ke Panitia Pemilihan masing-masing, mengingat Pemerintahan aceh Belum ada Unit Layanan Pengadaan secara terpadu. Untuk kedepan lebih baik di tujukan ke masing-masing Panitia Pemilihan agar lebih terkoneksi.
    demikian
    Saleum
    Razali

    • Tujuannya gak salah, karena pengumuman lelang bersama kemarin dikeluarkan oleh PEMDA Aceh…
      Dan hasilnya langsung terlihat pada pengumuman yg ke dua, mereka sudah mengikuti saran kami…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s