Permasalahan Pengadaan Barang dan Jasa dapat Mendistorsi Nilai Persaingan Usaha Sehat

Permasalahan dalam pengadaan barang dan jasa dapat mendistorsi nilai-nilai persaingan usaha yang sehat. Diperlukan pemahaman Hukum Persaingan Usaha kepada para pemangku kepentingan yang terlibat, baik secara langsung maupun tidak langsung dalam proses pengadaan barang dan jasa.

Oleh karena itu, KPPU telah berupaya memberikan pemahaman melalui Seminar Nasional “Hukum Persaingan Usaha dan Permasalahan Pengadaan Barang dan Jasa,” yang diselenggarakan tanggal 4 – 6 Agustus di Hotel Hermes, Banda Aceh.

Seminar dihadiri oleh pemangku kepentingan dari beberapa kota di Provinsi Aceh, yang terdiri atas pemerintah, akademisi, pelaku usaha, asosiasi dan KADIN serta media massa. Komisioner KPPU RI, Dr. Sukarmi, SH dan Bapak Erwin Syahril, SH hadir sebagai pemateri. Bapak Syaifudin, Sekretaris Daerah Kota Banda Aceh hadir selaku perwakilan dari Pemerintah Kota Banda Aceh.

Seminar mendiskusikan permasalahan yang sering timbul dari proses pengadaan barang dan jasa, diantaranya berupa tekanan dari berbagai pihak sehingga mengabaikan nilai-nilai persaingan usaha sehat. Proses pengadaan barang dan jasa yang mengabaikan nilai-nilai persaingan usaha sehat seringkali menimbulkan persekongkolan dalam tender. Persekongkolan terjadi baik secara vertikal atau horizontal, maupun gabungan diantara keduanya.

Kegiatan seminar ini diharapkan dapat memberikan pemahaman awal terhadap Hukum Persaingan Usaha dan permasalahan pengadaan barang dan jasa. Seminar persaingan usaha merupakan upaya advokasi dalam pencegahan pelanggaran nilai-nilai persaingan usaha sehat.

Sumber KPPU

About these ads

2 pemikiran pada “Permasalahan Pengadaan Barang dan Jasa dapat Mendistorsi Nilai Persaingan Usaha Sehat

  1. Ass.wr.wb

    Saya sangat kecewa yg mana sosialisai peppres 54 yg dilakukan di banda aceh maupun seminar pemahaman hukum tentang pengadaan barang dan jasa di hermes hotel kami dari perusahaan PT PUM grade 7 yg mana saya adalah Direktur nya tidak pernah sama sekali mendapatkan kesempatan utk dapat hadir padahal sangat jelas database kami ada di instansi terkait. Mengingat sangat pentingnya informasi bagi kami selaku penyedia jasa kami menghimbau kepada pihak-pihak terkait sudilah kiranya agar dikesempatan yg akan datang agar kami juga dapat di undang utk hadir.Sekali lagi jangan pernah takut kekurangan budget demi kemajuan bangsa dan negara.

    • Mungkin sasaran sosialisasi mereka bukan kepada kontraktor Pak Rizal.
      Harusnya asosiasi kontraktor juga melakukan sosialisasi juga, jangan hanya ambil duitnya saja…

      Kontraktor bisa minta ke asosiasi, bila perlu dipertanyakan juga kemana penggunaan iuran yg mereka pungut?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s